Bacaan Doa Ketika Mendapat Musibah dan Nikmat




Tidak ada orang yang ingin hidup dalam masalah, namun mengamalkan doa ketika mendapat musibah berat akan terasa lebih lega karena amalan saat kita dapat musibah ini berbeda dengan doa ketika memperoleh nikmat dalam hidup sehingga kita harus tetap bersyukur dalam kesulitan atau hal paling mudah dalam kehidupan ini. Memang seseorang akan mengira bahwa kita menginginkan keadaan paling baik dalam hidup, namun tidak ada yang mengerti sejauh mana keinginan tersebut dapat terlaksana apalagi untuk mencapai tujuan paling baik sehingga semua keadaan akan berdampak pada keinginan kita melaksanakan keadaan paling bagus karena semua itu akan menimbulkan situasi dalam kehidupan ini dengan lebih baik. Tidak ada seorang pun yang mengira apa yang kita lakukan akan berdampak buruk namun demikian sedikitpun orang akan sulit menghadapi kenyataan bahwa kita harus dapat mencapai tujuan akhir sehingga semua hal akan terasa lebih baik dari sebelumnya. Hal ini tidak dapat diungkapkan seketika namun harus melalui banyak hal sehingga ketika kita mengalami masalah maka dapat diselesaikan dengan baik karena semua usaha akan menimbulkan perasaan kurang menyenangkan dalam hidup kita sehingga orang akan memikirkan saat paling baik sehingga kita akan berkeinginan untuk mencapai semua masalah dalam hidup ini dengan bijak.

Setiap cobaan hidup memang memberikan nilai tersendiri bagi kita untuk tetap tabah dalam menjalani keadaan sulit tersebut, ini berkaitan dengan keinginan untuk menciptakan hal baru yang tidak disangka sebelumnya. Ketika kita menginginkan keadaan palung baik dalam hidup ini maka dapat diartikan sebagai keinginan untuk mencapai tujuan tersebut dengan baik karena setiap keinginan akan menimbulkan kekuatan tersendiri dalam hidup kita sehingga akan lebih baik kalau dapat memikirkan hal itu sehingga semua keadaan akan dapat diatasi dengan baik.

Sebagaimana yang orang inginkan, maka kehidupan ini akan berjalan seperti yang kita rencanakan, kadang semua tujuan tersebut dapat berlangsung dengan baik sehingga memberikan rasa gembira dalam hati. Namun sebaliknya, tidak jarang kita merasa ada yang kurang karena selalu terjebak dalam kehidupan yang membawa kita pada keadaan tertentu sehingga semua tidak akan berjalan dengan baik kecuali ada keinginan untuk mempercepat keadaan sampai akhirnya orang memikirkan apa yang kita inginkan sampai mendapatkan jalan keluar dari masalah dalam hidup yang akan berguna untuk masa depan nanti ketika kita sudah memutuskan untuk melanjutkan hidup dengan baik.


Dalam kesulitan, kita harus tetap berdoa


Berikut doa supaya kita tabah menghadapi masalah sulit dan musibah yang tidak terduga:

Doa oleh: Badrul Tamam

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

Innaa Lillaahi Wainnaa Ilaihi Raaji'uun, Allaahumma'jurnii Fii Musiibatii Waahliflii Khairan Minha

Artinya: "Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya."

Sebagian ulama juga membaca:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اَللَّهُمَّ آجِرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأخْلُفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

Innaa Lillaahi Wainnaa Ilaihi Raaji'uun, Allaahumma Aajirnii Fii Musiibatii Wahluflii Khairan Minha

Artinya: "Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya."


Dalam menyelesaikan setiap ujian kehidupan kadang kita terlalu memikirkan hal yang belum tentu akan menjadi nyata, ini sama dengan keinginan untuk mendapatkan hal baik tidak terduga yang selama ini kadang tidak kita mengerti karena semua keadaan tersebut membawa kita pada situasi paling sulit sehingga orang akan dengan senang hati memberikan keadaan dalam hidupnya kepada orang yang dia sayang sehingga semua itu akan berdampak pada hilangnya sikap saling percaya satu sama lain sehingga kita dapat membawa keadaan tersebut lebih baik dengan banyak berdoa supaya diberikan kemudahan dalam menghadapi setiap kesulitan hidup karena hal ini akan terasa lebih ringan ketika batin selalu tenang dalam menjalani kehidupan ini dengan baik.


Doa saat mendapatkan nikmat dalam hidup


 Berikut ini adalah o'a bersykur atas nikmat yang diberikan olehNya:

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Robbi auw zi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta 'alayya wa'alaa waalidayya wa an a'mala shoolihann tardhoohu wa aslih lii fii dzurriyyatii inni tubtu ilayka wa innii minalmuslimiin.

Artinya : "Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebaikan yang Engkau ridhai, serta berilah kebaikan kepadaku sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku bertaubat kepada Engkau, dan sungguh aku adalah termasuk orang muslim." (QS. Al-Ahqaf : 15)



Suka tulisan ini ?