Doa agar Pandai Bergaul dan Lancar Berbicara Saat Pidato




Doa agar pandai bergaul dengan orang banyak mungkin adalah salah satu cara mengatasi rasa minder saat berhadapan dengan orang lain terutama bagi yang sulit mencari teman sehingga apa yang dirasakan adalah keadaan dimana kita tidak memiliki keinginan untuk berkawan dengan orang lain. Atau seakan tidak ada yang cocok sehingga kita kesulitan menemukan sahabat yang memang bagus untuk dijadikan sebagai seorang kawan. Dalam hal ini akan lebih mudah mengatasi perasaan tersebut sehingga semua orang mulai bingung mengartikan keadaan sebenarnya dimana tidak ada seorangpun yang ingin mendapatkan hal baru dalam hidupnya lantas mencapai tujuan dengan cara tidak mudah. Dengan demikian maka dapat dipastikan bahwa kita akan mulai menemukan keadaan baru dimana orang akan mudah mananamkan rasa percaya diri sehingga tidak ada seorang pun yang ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi kelak di kemudian hari.

Kepandaian berbicara didepan orang lain mungkin dirasa sulit dicapai ketika kita melihatnya secara sepintas, namun demikian akan ketahuan kalau sudah praktek dan mengalami sendiri apa yang seharusnya dilakukan sehingga tidak ada orang yang hendak memastikan bahwa semua hal tersebut memang layak untuk dipertimbangkan sehingga tidak ada orang yang mungkin akan berkeinginan untuk menentukan kemana arah tujuan sehingga orang mulai memikirkan keadaan selanjutnya yang akan dilakukan ketika seseorang dengan senang hati hendak membawa kehidupannya kepada orang lain. Sampai disini mungkin akan terlihat dimana letak keadaan tersebut sehingga kita tidak pernah mengerti apa yang sebenarnya harus dilakukan demi mencapai tujuan akhir dalam kehidupan ini dan karena semua itu sudah lama terjadi maka bukan tidak mungkin seseorang akan mulai memikirkan bagaimana caranya membawa kehidupan ini menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Terkait dengan doa agar dimudahkan dalam berbicara saat didepan orang yang disegani atau dihormati memang perlu diketahui, terkait hal ini maka akan lebih baik kalau kita simak penjelasan dibawah.

Doa mohon kelancaran dalam berbicara, dapat dilihat dalam Alquran Surat Thaha ayat 25-28.

Lafal dari doa tersebut adalah:

" Robbishrohli shod'ri, wayassirlii amrii, wakhlul 'uqdatammil lisani, yafqohu qouli."

Artinya:

" Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku."


Bagi yang masih memiliki keterbatasan dan rasa gugup ketika hendak berbicara didepan umum maka tidak ada salahnya mulai berlatih dari sekarang karena bukan tidak mungkin suatu saat semua itu akan berguna untuk kita. Apa yang dirasa tidak diperlukan saat ini dapat saja berbalik dikemudian hari ketika kita sudah berbaur dengan masyarakat, kadang sangat penting apa yang kita ketahui untuk menunjang pergaulan dengan orang lain sehingga apa yang hendak disampaikan pada orang banyak akan lebih mudah dikuasai terutama kaitannya dengan pergaulan dan cara hidup bersosial dengan orang lain.

Sehingga amat penting untuk selalu belajar dari keadaan hidup, mencari kawan dengan siapa saja tidak masalah yang penting kita dapat membatasi diri untuk tidak terpengaruh oleh hal buruk yang kiranya tidak sesuai dengan kehidupan kita. Sehingga apa yang diperlukan adalah sebuah kesabaran, ketekunan dalam melangkah menjalani kehidupan ini sehingga semua kan terasa lebih baik pada akhirnya.



Suka tulisan ini ?